Ratusan Bandit Dan Juga Preman Berhasil Diamankan Jelang Asian Games

Bb-zoom.org – Petugas kepolisian telah berhasil mengamankan sebanyak 65 bandit jalanan dan juga 487 preman. Dari keseluruhan yang berhasil diamankan mereka tercatat dari 40 kasus yang telah berhasil diungkap oleh para petugas. Operasi Cipta kondisi tersebut memang sengaja digelar menjelang Asian Games.

“Sesuai amanat Kapolri, kami melakukan Operasi Cipta Kondisi untuk menekan angka kriminalitas, yang juga dilakukan menjelang pesta olahraga atau Asian Games. Meski bukan sebagai tempat penyelenggara, tapi ini strategi Polri untuk tetap melakukan operasi. Agar saat pelaksaaan tiba, semuanya aman,” ujar Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan di Polrestabes Surabaya, Senin (9/7/2018).

Dari 65 bandit tersebut yang telah berhasil diamankan terlibat dalam kasus 3 C yakni Pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

“Para pelaku mengincar perempuan. Mereka juga melancarkan aksinya tidak pada malam hari saja, tetapi juga sore hari di saat ramai aktivitas,” kata Rudi.

Tidak hanya itu saja, terkait dengan kasus premanisme juga hingga saat ini masih sering dijumpai. Sebanyak 487 pelaku premanisme, yang juga sering dilaporkan sangat meresahkan masyarakat diamankan. Modus yang dilakukan seperti menarik uang parkir tanpa izin atau tanpa karcis, meminta tarif yang melebihi ketentuan, dan memeras korbannya.

“Kegiatan premanisme di Surabaya, kemarin kami temukan di beberapa tempat. Seperti stasiun, terminal bus, dan tempat umum lainnya,” ungkap Rudi.

Rudi juga telah menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada saat di jalanan. Terutama, tidak menggunakan perhiasan yang mencolok atau memperlihatkan barang mewah yang bisa mengundang pelaku kejahatan.

Dia juga menegaskan bahwa pihaknya tidak segan akan melakukan tindakan tegas pada pelaku, apabila nekat melakukan kejahatan dan membahayakan petugas maupun masyarakat.

“Saya sudah perintahkan kepada jajaran, kalau ditemukan pelaku yang membahayakan petugas maupun masyarakat, segera tindak tegas,” tandas Rudi.

Author: Agung Prasetyo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2019 Berita Terbaru Untuk Kita | Design by ThemesDNA.com
top