Sejumlah Desa Di Kabupaten Pasuruan Sudah Mulai Rasakan Dampak Musim Kemarau

Bb-zoom.org – Lantaran musim kemarau yang sudah terjadi begitu panjang, debit mata air yang ada di beberapa desa yang ada di Kabupaten Pasuruan mengalami kekeringan yang cukup parah.

Lantaran hal tersebut, para warga sangat kesulitan dalam mencari air untuk bisa memenuhi kebutuhan mereka dalam sehari-harinya. Warga yang bersala dari tiga dusun yang ada di Desa Cukurguling, Kecamatan Lumbang, yang saat ini paling kesusahan lantaran tidak adanya pasokan air di daerah mereka tinggal.

Untuk bisa mengisi jeriken air, mereka membutuhkan waktu yang begitu lama hingga tiga hari. “Prinsipnya kalau sudah ditetapkan sebagai bencana kekeringan, BPBD akan suplai air bersih. Seperti di tiga dusun di Cukurguling sudah kami kirim air,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pasuruan Bakti Jati Permana, Rabu (4/7/2018).

Pihaknya juga menjelaskan jika desa tersebut sebenarnya sumber airnya belum begitu kering. Namun lantaran musim kemarau membuat debit air begitu berkurang dibandingkan dari hari-hari biasanya.

“Di desa ini belum kering banget, tapi memang debit airnya sangat kecil sehingga naruh jiriken tiga hari baru penuh. Nah itu yang perlu kita kirim air,” tambah Bakti Jati Permana.

Debit air di desa-desa lain yang setiap tahun dilanda bencana kekeringan juga sudah mulai turun. Namun BPBD belum mengirim air ke desa-desa tersebut, karena belum ditetapkan sebagai bencana kekeringan.

“Artinya meski debit menurun, warga masih bisa mendapat air. Harus ditetapkan sebagai bencana kekeringan dulu, SOP-nya seperti itu,” terang Bakti.

Semehtara BPBD sudah menetapkan 23 desa di 7 kecamatan rawan bencana kekeringan pada musim kemarau tahun ini. Antara lain di Kecamatan Lekok, Pasrepan, Grati, Winongan, Puspo, Kejayan dan Lumbang.

Di Kecamatan Lumbang, yang berada di lereng Gunung Bromo biasanya paling awal dan paling parah dilanda kekeringan.

“Kami sudah siapkan antisipasi. Kalau sudah ada permintaan dari pihak desa dan kecamatan, kami akan turun. Saat ini baru di Desa Cukurguling Kecamatan Lumbang,” pungkasnya.

Author: Agung Prasetyo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2019 Berita Terbaru Untuk Kita | Design by ThemesDNA.com
top